Breaking News

Bibit Serut Dari Biji


Sedudoshare - Pohon serut lebih dikenal sebagai tanaman bonsai di kalangan penghobi tanaman. Tak heran, jika bonsai dari tumbuhan bernama ilmiah Streblus Asper ini banyak ditanam di taman-taman karena memiliki bentuk batang dan daun yang unik. Selain itu, tumbuhan eksotis ini mudah dibentuk dan tidak membutuhkan perawatan khusus. 

Pohon serut merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara dipercaya memiliki sejumlah khasiat, mulai dari kesehatan hingga mistis. Tanaman yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Siamese Rough Bush, Sandpaper Tree, atau Tootbrush Tree ini termasuk dalam famili Moraceae.

Pohon serut memiliki ukuran sedang dengan tinggi sekitar 4-15 meter. Kulit batangnya berwarna putih keabu-abuan, dilengkapi daun berbentuk bulat telur cenderung lonjong dengan panjang antara 4-12 cm. Daun serut berwarna hijau dengan permukaan kasar, sedangkan bagian tepinya bergerigi. Tulang daunnya menyirip dengan pangkal meruncing.

Serut merupakan pohon monoecious atau berumah tunggal. Cirinya adalah bunga jantan dan betina tumbuh terpisah tapi tetap dalam satu pohon yang sama. Bunga jantan memiliki warna kuning kehijauan, sedangkan bunga betina tumbuh berkelompok dan memiliki warna kuning pucat.

Berikut ini hasil dari semai biji pohon serut:






Source of Writing: Reza Angsa Kecil

Tidak ada komentar