Breaking News

COPAS - Newbie Mastah Sama


Sedudoshare -  Penulis pemula - newbie melakukan tindakan “copy paste” Ya, itu sih wajar! Kalau mereka melakukan hal itu. Sudah mahfum.

Tapi ya jangan kebablasan! Melakukan tindakan “haram” bagi seorang penulis. Itu sama saja seperti tindakan koruptor. Memperkaya diri tapi merugikan orang lain.

Lalu, bagaimana dengan penulis senior/mastah jika melakukan “copy paste”. Alias, plagiat?

Ya, itu sih kurang ajar namanya! Hanya mengejar honor menulis dan ingin tetap “kesohor” melakukan tindakan nista. Entah, apa memang kurang uang dan sangat butuh jadi melakukan hal itu [arti Mastah Newbie-red].

Tanpa memikirkan panjang apa yang akan terjadi nanti. Dan mempertaruhkan nama yang sudah “kesohor” lebih dulu.

Entahlah, inilah yang terjadi sebenarnya di industri blogging haha! ...

Mengandalkan artikel hasil copy paste untuk bersaing di halaman pencarian google sangat sulit sekali.

Tidak percaya?

Buktikan saja sendiri. Selain itu anda bisa terkena hukuman google, yaitu blog anda di black list oleh mesin pencari terbesar di Dunia ini.

Belum lagi isu hak cipta yang anda langgar. Pernah-kan anda membayangkan seandainya seseorang yang merasa anda rugikan karena anda mencuri kekayaan intelektual mereka itu melaporkan anda secara hukum?

Wah, pasti berabe jadinya bukan.

Terus, menulis-lah untuk blog new anda. Siapapun tidak akan melarang anda membaca artikel-artikel orang lain yang ada di jagad maya.

Lalu anda dapat menulis ulang dalam versi anda sendiri. Twist it! Putar, modifikasi, rekayasa ulang bahan-bahan itu sehingga artikel bagus terlahir dari ketikan keyboard anda sendiri. ... Ingat lho ya harus ketikan sendiri Setuju? ...

2 komentar: