Breaking News

Ilmu Copas Aman 100 Persen


Sedudoshare - Pasti Anda mencari tau ilmu copas, hiya kan? ,,, buktinya Anda berkunjung di web Kami [Suami, Istri - red],. Copy Paste alias copas tidak selalu buruk. Ada tata cara copas yang bukannya membuat tulisan anda dicaci maki, melainkan menjadi makin bagus.

Itu salah satu tujuan copas bukan? Biar tulisan kita bagus, atau dikira bagus. Masalahnya, sering kami menemukan blogger pemalas yang cara copas nya tidak elegan sama sekali. Main asal comot, asal taruh, salah ketik disana-sini.

Menurut kami, salah satu akar permasalahan dari perilaku copas ini ya sifat malas itu tadi. Malas membaca, malas menulis, tapi pengin blognya terisi, supaya eksis.

Cara gampang-nya, ya copas. Tapi karena ngawur, seringnya malah bikin emosi yang baca. Dan sayang-nya, mesin pencari Google belum punya algoritma yang terlalu canggih untuk memfilter hasil pencarian.

Apalagi google Indonesia, wah, tobat!

Padahal sebenarnya kan simpel saja toh, kalau lagi males nulis, ya sudah, nggak usah ngeblog dulu. Mending baca-baca. Hitung-hitung riset, memperluas wawasan.

Makin luas wawasan, kan makin keren tulisannya, makin warna-warni. Tapi kalau hasrat nge-blog meng gebu-gebu, dan keinginan menulis postingan yang kuat demikian menggelora, disini perilaku copas sesungguhnya bisa jadi senjata ampuh.

Ingat saja satu ungkapan tua: Devil is in the details. Yang artinya, lengkapi artikel dengan data-data yang detail, yang terpercaya, niscaya artikel yang ditulis pun semakin keren!

Demikian pula dengan quote-quote atau opini para ahli, atau opini sesama blogger. Data-data dan opini-opini tersebut lah yang seharusnya di copas. Kalau perlu, yang banyak sekalian.

Cara Copas Yang Baik Itu Tidak Menggunakan Mouse Klik Kanan


Jadi gini kunjungi blog/web orang untuk jadi bahan referensi, istilahnya ngrepek, nurun, nyontek perhatikan gambar berikut:


Ketika sudah membaca dan memahami tentunya kita akan mengetahui apa yang menjadi ide pokok dan inti yang disampaikan nah barulah kita beraksi Copas manual/ketik sendiri.

Ide pokok ini juga menjadi nyawa dari artikel yang akan kita tulis. Jika sudah mengetahui ide pokoknya tentunya kita juga memahami inti dari yang kita sampaikan dan bisa dikembangkan lebih luas lagi, intinya tetap sama tapi penyampaiannya bisa disusaikan dengan gaya bahasa sendiri bahkan juga bisa sama persis.

Dan selalu ingat untuk mencantumkan sumber, siapa tahu ada blogger lain yang ingin menulis topik yang sama. Lalu setelah artikel selesai ditulis, sama seperti tulisan-tulisan lain: silakan edit sebaik mungkin, semaksimal mungkin.

Tidak ada penulis yang bisa bikin tulisan sekali jadi, langsung bagus. Kecuali kalau anda cuma ingin nulis ala kadarnya kayak tulisan yang sedang anda baca ini..

Ini kok jadi panjang ya, padahal tadinya kami cuma pengen ngetwit: Read before you write! He-he,,,, ssstt, copas juga sih!.

Tidak ada komentar