Breaking News

Penyebab Tangan Keriput Saat Terkena Air


Sedudoshare - Pernahkah kalian berenang? Apakah kalian pernah melihat jari kalian menjadi keriput disaat berada didalam air setelah beberapa saat bagian dari kulit kita yang tidak berambut mempunyai respon unik terhadap air.

Dimana mereka akan menjadi keriput jika dibahas dengan cukup tetapi, apa fungsi dari reaksi ini? Beberapa orang percaya bahwa kulit menjadi keriput setelah basah dalam jumlah waktu tertentu merupakan reaksi dari air yang masuk kedalam dan membuatnya bengkak.

Namun, di tahun 1930 Para peneliti menemukan bahwa reaksi ini bukanlah refleks, biasa atau hanya sekedar hasil dari osmosis. Hal ini karena para ahli bedah menemukan bahwa jika beberapa saraf tertentu dipotong respon ini akan menghilang.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa keriputnya jari setelah terkena air merupakan, hasil dari sistem saraf yang tak berfungsi. 

Beberapa usul telah dianjurkan bahwa respon ini bisa digunakan sebagai penentu bekerjanya sistem saraf simpatik seperti pernafasan pada pasien yang tidak responsif.

Jadi, sebenarnya kenapa tangan bisa jadi keriput? Ini merupakan respon dari pembuluh darah yang melakukan konstriksi di bawah kulit sistem saraf memberi sinyal ke pembuluh untuk menjadi lebih sempit dan penyempitan pembuluh pun menyebabkan volume dari ujung jari berkurang sedikit dan menghasilkan lipatan-lipatan longgar yang kita lihat sebagai keriput ini dipercaya sebagai fungsi hasil dari evolusi yang dapat kita gunakan untuk mengencangkan genggaman pada kondisi yang basah.

Namun, jika hal ini terjadi tanpa air mungkin kalian perlu mempertimbangkan masalah medis walaupun, jika jari kalian menjadi keriput karena masalah medis gejala lain dapat kalian temukan sebagai bentuk kepastian.

Contohnya, seperti dehidrasi yang dapat mempengaruhi kulit.

Membuatnya merasa kering dan dingin dan mengakibatkan ujung jari menjadi lebih mengerut kalian dapat melihat gejala lain seperti keringnya mulut dan bibir tidak buang air kecil sebanyak biasanya dan jika iya, berwarna kuning yang gelap ataupun merasa pusing Bagaimana menurut kalian? Menarik bukan?

#kesehatan
#jurnalisIndonesia

Tidak ada komentar