Breaking News

Banyak Yang Belum Paham Apa Itu Dompet Digital Ovo, Gopay, Dana Dsb


Sedudoshare - Banyak orang mulai merasakan manfaat dompet digital seperti menawarkan kepraktisan, efisiensi, keamanan, hingga promo dan diskon layaknya kartu kredit. Adapun, sebagian yang lain masih banyak yang bertanya-tanya: sebenarnya apa sih dompet digital itu? Yaelah Hp bagus jangan buat medsos doank, pelajari apa itu dompet digital.

Dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Tanpa kartu dan tanpa uang tunai, pengguna tinggal membawa smartphone mereka. Misal naik Grab, transaksi di tokopedia, transfer uang secara gratis, beli token listrik, beli paket internet, bayar PDAM dsb.

Selain menawarkan kemudahan, dompet digital juga dinilai lebih aman karena dilindungi kata sandi yang hanya bisa diakses oleh pengguna saja.

Dompet Digital di Indonesia

Dari tahun ke tahun, perkembangan aplikasi dompet digital di Indonesia menunjukkan tren positif. Jangan ketinggalan tho inilah beberapa aplikasi dompet digital terpopuler di Indonesia.

1. Gojek (Go-Pay) 2. Ovo 3. Dana 4. LinkAja 5. i.saku 6. Jenius 7. Go Mobile by CIMB 8. Paytren 9. Sakuku 10. Doku

Hidup di zaman modern dengan segala kecanggihan telah mengantarkan banyak negara menjadi cashless society atau masyarakat tanpa uang tunai.

Hal ini sudah menjadi sesuatu yang umum di negara-negara maju, di mana masyarakatnya lebih suka melakukan transaksi menggunakan kartu atau aplikasi di smartphone.

Agar tidak tertinggal oleh zaman yang semakin maju, mau tidak mau kalian masyarakat Indonesia juga harus mulai menyesuaikan diri.

Hadirnya aplikasi dompet digital adalah upaya untuk mewujudkan cashless society di Indonesia, meski rasanya hal tersebut masih belum bisa terwujud dalam waktu dekat ini. Meski masyarakat sudah akrab dengan penggunaan smartphone, banyak dari mereka (terutama masyarakat pedesaan) yang belum bisa memaksimalkan fungsi perangkat pintar tersebut.

Dompet Digital Menawarkan Banyak Kemudahan

Aplikasi dompet digital menawarkan banyak kemudahan dibandingkan dengan transaksi konvensional menggunakan uang tunai. Salah satu kelebihan utamanya adalah masalah keamanan.

Untuk bisa mengakses layanan dompet digital, pengguna harus memasang aplikasi dompet digital pada smartphone mereka. Saat pendaftaran akun, pengguna akan diminta mengisi data lengkap yang meliputi nama, alamat, informasi kartu, dan lain-lain. Semua riwayat transaksi akan disimpan di dalam aplikasi, sehingga memudahkan pengguna jika ingin memeriksanya kembali. 

Layanan dompet digital terjamin aman

Pada setiap transaksi, pengguna akan diminta melakukan pemindaian QR Code atau menyebutkan One Time Password (OTP). Langkah tersebut merupakan verifikasi, sehingga tidak ada orang lain yang menyalahgunakan penggunaan aplikasi tersebut.

Selain itu, dengan adanya dompet digital pengguna tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Cukup berbekal smartphone apik-mu dan mengisi saldo yang cukup pada dompet digital, maka pengguna bebas melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja.

Lihat juga: Kios Pakan Burung Rini Jaya Jl. Basudewo Semarang

Dompet Digital dan Merchant Sama-Sama Diuntungkan

Kerja sama antara aplikasi dompet digital dengan banyak merchant adalah sebuah simbiosis mutualisme. Kedua pihak sama-sama diuntungkan. Di satu sisi, aplikasi dompet digital yang biasanya masih baru bisa menjaring lebih banyak pengguna. Sementara itu merchant terkait juga bisa mendapatkan lebih banyak konsumen yang ingin melakukan pembayaran menggunakan dompet digital.

Tidak ada komentar