Breaking News

Tentang Eka Tjipta Widjaja Pendiri Sinar Mas Group


Sedudoshare - Eka Tjipta Widjaja, pendiri sekaligus pemilik gurita bisnis Sinar Mas Group. Eka Tipta meninggal dalam usia 98 tahun, Sabtu 27 Januari 2019 dan disemayamkan di rumah duka Gatot Soebroto. 

Eka Tjipta Widjaja lahir pada 27 Februari 1921 di Quanzhou, China dengan nama Oei Ek Tjhong. Sembilan tahun menghabiskan hidupnya di kampung halaman, pada 1932 bersama dengan ibunya bermirasi ke Makassar menyusul ayahnya yang sudah terlebih dahulu sampai di sana.

Bakat bisnis yang dimilikinya didapatkan dari ayahnya yang memiliki sebuah toko di Makassar masa itu. Dengan penih kegigihan, Eka Tjipta kecil membantu ayahnya menjajakan dagangannya tersebut secara door to door.

Berkat tangan dinginnya jualah Eka sukses menjadi salah satu konglomerat dan orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan ditaksir mencapai US$ 8,6 miliar atau sekitar Rp 120,96 triliun yang dihitung oleh Forbes beberapa waktu lalu.

Meski hanya lulusan SD saja, kemampuan berbisnis Eka Tjipta sudah tak bisa diragukan lagi. Sepanjang hidupnya ia berhasil membangun jaringan bisnis mulai dari pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan realestat, telekomunikasi, hingga energi dan infrastruktur. 

Tak hanya bisnis saja, dirinya juga mengembangkan organisasi nirlaba dengan memberikan beasiswa pendidikan.

Kini ia hanya tinggal nama, bukan karena sakit namun karena sudah dimakan usia. Tetapi, kerja keras dan usahanya akan tetap dikenang sepanjang masa.

Tidak ada komentar