Breaking News

Petani Adalah Pahlawan Bangsa Tanpa Petani Kita Tidak Bisa Hidup Sejahtera


Sedudoshare - Pangan merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu negara. Apabila pangan kurang tercukupi, maka masyarakat di suatu negara akan kesulitan untuk hidup dengan sejahtera.

Menurut Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Anang Widodo, semakin tahun, semakin bertambah pula jumlah populasi di suatu wilayah. Hal ini menjadikan pemerintah harus berupaya untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat yang semakin bertambah pula.

Baca juga: Anak Yang Terbiasa “Kerja” Di Rumah Lebih Sukses Dimasa Depannya

“Ketika masyarakat membutuhkan pangan untuk hidup namun ketersediaan tidak mencukupi, maka harga pangan akan meninggi,” terangnya. Ketidakstabilan harga ini akan memengaruhi harga barang pangan pendukung lainnya.

Untuk mencegah kekurangan pangan serta menjaga kestabilan harga produk, kita membutuhkan peran yang mampu memproduksi pangan itu sendiri yaitu petani. Menurutnya, petani merupakan salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam suatu wilayah atau negara.

“Bayangkan saja apabla tidak ada petani, bagaimana kita bisa mencukupi pangan ? Maka dari itu kita harus mendukung dan mendorong petani untuk lebih maju dan lebih sejahtera agar petani lebih bersemangat untuk bercocok tanam,” pinta Anang.

Tantangan petani di masa kini adalah berkurangnya lahan pertanian. Banyaknya populasi mengharuskan alih fungsi lahan pertanian menjadi permukiman. Kondisi ini menjadikan petani harus lebih kreatif dan inovatif dalam bertani. Lahan yang semakin berkurang harus memberikan hasil yang lebih tinggi.

Selain itu, kurangnya ketertarikan pemuda terhadap pertanian juga menambah tantangan tersendiri. Banyaknya pemuda yang lebih tertarik di bidang industri menjadikan generasi penerus sebagai petani semakin berkurang. Pekerjaan sebagai petani seolah – olah sebagai pekerjaan yang kecil dan kurang bergengsi.

Baca juga: Mengapa Bulan yang paling mulia adalah Ramadhan?

Menanggapi fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini, menjadikan pemerintah harus berupaya meningkatkan citra petani di Indonesia. Dengan semangat kepahlawanan, ayo kita junjung petani Indonesia.

Petani adalah pahlawan bangsa. Tanpa petani kita tidak bisa hidup sejahtera. Tanpa petani kita tidak bisa apa-apa. Ayo pemuda-pemudi Indonesia jangan malu untuk bertani. Bertani adalah pekerjaan yang mulia.

Tidak ada komentar