Breaking News

Pengetahuan Perbedaan Ceo,Owner dan Founder


Sedudoshare - Dalam suatu perusahaan pasti mempunyai seorang leader atau pemimpin untuk memimpin anggotanya agar mencapai tujuan bersama. Kita sering menemukan istilah-istilah jabatan dalam suatu perusahaan seperti Ceo,owner, dan Founder.

Pada sebagian orang yang mendengar ketiga istilah tersebut terkadang membuat bingung sehingga semua dianggap satu arti yaitu Direktur. Padahal ketiga istilah itu mempunyai perbedaan yang menonjol 

Berikut ini adalah definisi dari macam-macam jabatan tersebut:

1. CEO

CEO (CHIEF EXECUTIVE OFFICER) adalah seseorang yang dipercaya untuk memimpin jarjaran direksi suatu perusahaan. Ceo diangkat oleh dewan komisaris dan umumnya mempunyai siklus jabatan per 5 tahun atau per 10 tahun tergantung dari kebijakan perusahaan.

Seorang Ceo tidak dapat mnjalankan perusahaan seorang diri, Ceo harus di bantu oleh jajaran direksi di bawahnya atau wakil direksi. Wakil direksi tidak hanya terdapat satu jenis,ada yang di sebut CMO,CFO,COO, dan CTO.

A. CMO

CMO ( CHIEF MARKETING OFFICER) bertugas membantu CEO memimpin divis marketing dan menangani berbagai perihal tentang marketing atau pemasaran di dalam suatu perusahaa.

CMO juga membantu CEO dalam memimpin perusahaan dari sisi penjualan dan akuisisi customer. CMO dapat diangkat dan di berhenti-kan oleh CEO.

B. CFO

CFO ( CHIEF FINANCIAL OFFICER). CFO memiliki peran dalam suatu perusahaan sangat terkait dengan pengadaan dana,pembelanjaan,pembentukan anggaran dan pembuatan laporan keuangan dalam perusahaan.

Cfo bertanggung jawab atas terjadinya proses investasu oleh investor dari pihak ketiga semacam Bank. Cfo bertangging jawab atas pembelanjaan dan pengadaan barang serta aset perusahaan. Cfo adalah wakil direktur yang di angkat Ceo untuk membantunya dalam memimpin devisi keuangan.

C. COO

COO ( CHIEF OPERATING OFFIVER). Coo memiliki berbagai macam peran tergantung dari model bisnis suatu perusahaan yang di pimpin-nya. Coo dalam bidang manufaktur bertanggung jawab atas lancar-nya kegiatan produksi dan produktivitas karyawan-nya.

Coo dalam perusahaan distrobusi retail menangani lancar-nya ketersediaan barang dagangan dan kegiatan internal perusahaan di dalamnya. Coo dalam perusahaan sangat besar karena karena peran dalam memimpin operasional dalam perusahaan sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

D. CTO

CTO ( CHIEF TECHNOLOGY OFFICER). Cto bertugas bertanggung jawab penuh atas segala kegiatan teknologi dan informasi yang ada pada suatu perusahaan.

2. OWNER

Owner lebih mengarah kepada pemilik usaha,bisa individu atau berkelompok. Kelompok biasanya ada investasi dari beberapa investor namun pemilik usaha tetap jadi Owner dan investorpun bisa di katakan owner, jika pemilik usaha menjual sahamnya sehingga ia tidak lagi memiliki saham otomatis ia bukan lagi sebagai Owner atau pemilik usaha.

3. FOUNDER

Founder adalah pendiri atau pencetus suatu ide usaha. sama dengan Owner, Founder juga bisa individu atau kelompok.

3 komentar: