Breaking News

Kisah Sepotong Roti Tulisan Yusuf Mansur di Kumparan

Foto dokumen Kumparan

Sedudoshare - “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (Al-Baqarah : 261). 

Allah punya janji tuh buat siapa yang ngasih satu, bakal di-kali tujuh ratus kali lipat bahkan lebih. Asyik kan? hanya orang bodoh yang enggak mau make ini. Sejuta jadi tujuh ratus juta. Tapi hanya karena kita punya dosa, maka banyak kemungkinannya itu terjadi, yakni berkurang balasan Allah, karena yang sebagian dikonversi untuk ampunan kita. Tapi kalau kita makin bersih, maka balasannya akan semakin sempurna.

Tahun 1998 saya punya sepotong roti. Sengaja saya simpan buat jaga-jaga tuh kalau seandainya makanan enggak datang. Namanya dulu di sel, di tahanan, di penjara, mesti nyimpan cadangan makanan. Ketika saya mau makan roti yang sepotong itu, saya ngelihat semut berbaris di pintu sel. Terus saya ngucap: “Yaa Allah kalau aku kasih makan semut-semut itu, apakah engkau akan memberi aku makan?”.

Baca juga: Nasihat 5 BAB - LDII

Lalu saya turun dari bale yang terbuat dari semen, kemudian saya jongkok, saya bilang sama semut-semut itu, “Pengin makan gulai otak. Saya kangen, saya pengin makan rendang. Saya kangen, saya pengin makan enak. Makan nih roti saya, supaya saya bisa ngejalanin hadis dari Rasulullah SAW”.

Lalu saya ngadep ke tembok, saya salat, saya ngaji, air mata saya bercucuran. Saya bilang sama Allah, “Yaa Allah buktikan janji-Mu dan janji Rasul-Mu. Saya ngadep tembok, saya kencengin zikir, saya ngaji terus. Begitu saya rasa cukup, saya nengok ke belakang tinggal minyaknya doang. Saya seneng semut-semut itu makanin roti saya.

Enggak nyampe setengah jam, saya dipanggil oleh petugas, lalu dia nanya ke saya, “Kamu sudah makan apa belum ?” Saya bilang belum. Dia ngajak saya ke ruangan. Ada banyak makanan di situ dan saya disuruh milih makanan mana yang saya suka. Wah itu rumah makan Padang pindah tuh ke situ.

Waktu itu kita di sel ada sekitar sebelas orang. Semuanya dikasih makan enak. Yang sedekah satu orang, tapi satu sel dikasih makan makanan Padang, dan kebetulan bagian saya isi lauknya dua. Gulai otak sama rendang. Wah, luar biasa nih sedekah. Serius nih sedekah. Lagi kita ingat: dua amalan pertama yang disebut dalam Alquran setelah Iman adalah salat dan sedekah.

Sumber Artikel:

- Ketik di Web kumparan.com dengan kata kunci "roti padang" atau di Google
- https://kumparan.com/search/roti%20padang/

Tidak ada komentar